Pengolahan Data, Menyusun Data, dan Pengkodean Data dalam Penelitian Sosial

Pengolahan Data, Menyusun Data, dan Pengkodean Data dalam Penelitian Sosial - Kegiatan pengolahan data, baik data yang bersifat kuantitatif maupun data yang bersifat kualitatif diawali oleh suatu tabulasi data kedalam suatu table induk, klasifikasi data, analisi-analisi deskriptif, pengjian hipotesia penelitian, dan diakhiri oleh penyimpulan hasil analisis. Tabulasi adalah proses pembua tab table induk yang memuat susunan data penelitian berdasarkan klasifikasi yang sitematis sehingga lebih mudah untuk dianalisis lebih lanjut. Pengolahan data penelitian yang sudah diperoleh dimaksudkan sebagai suatu cara mengorga-nisasikan data sedemikian rupa sehingga dapat dibaca dan dapat ditafsirkan.

Pengolahan Data, Menyusun Data, dan Pengkodean Data dalam Penelitian Sosial

Mengolah data berarti menimbang, menyaring, mengatur dan mengklasifikasikan. Menimbang dan menyaring data ialah memilih secara hati-hati data yang relevan tepat dan berkaitan dengan masalah yang tengah diteliti. Mengatur dan mengklasifikasikan adalah menggolongkan, serta menyusun menurut aturan tertentu.
Pengolahan Data, Menyusun Data, dan Pengkodean Data dalam Penelitian Sosial
Pengolahan Data, Menyusun Data, dan Pengkodean Data dalam Penelitian Sosial

Jika penelitian dilaksanakan untuk tujuan yang inferensial, inferensial yaitu tujuan mencari salah satu kesimpulan, maka penelitian harus dilengkapi dengan penganalisaan, interpretasi data dan penarikan kesimpulan. Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam proses pengolahan data ialah seperti berikut ini

1. Menyusun Data

Data penelitian yang telah dikumpulkan oleh peneliti, dikelompokkan agar mudah dalam mengolahnya. Pengelompokan data dilakukan dengan cara:
  1. Memeriksa data mulai dari mengecek nama dan kelengkapan identitas responden, mengecek kelengkapan data dan mengecek macam isian data. Hal ini dimaksudkan untuk memilih data yang terpakai atau dapat digunakan dalam penelitian sehingga memper-mudah proses pengolahan.
  2. Memberi kode pada setiap data yang terkumpul. Hal ini dimaksudkan agar semua variable dalam penelitian mudah untuk diolah.
Contoh dari angket
Contoh dari angket

2. Pengkodean Data

a. Pengkodean terhadap jawaban yang berupa angka

Pengkodean terhadap jawaban yang berupa angka jawaban-jawaban responden yang berupa angka dapat diperoleh dari pertanyaan-pertanyaan tentang usia, tinggi dan berat badan, penghasilan perbulan, jumlah anak dan sebagainya. Pengkodean pada jawaban-jawaban dalam bentuk angka lebih mudah dilakukan karena angka-angka jawaban tersebut sudah dapat dijadikan sebagai kode.
Contoh Pengkodean terhadap jawaban yang berupa angka jawaban-jawaban:

Pengkodean terhadap jawaban yang berupa angka jawaban-jawaban
Pengkodean terhadap jawaban yang berupa angka jawaban-jawaban
Bila jawaban berupa angka tersebut terdapat dalam bentuk interval kelas, maka perlu dilakukan pengkodean tersendiri.

   Baca Juga:

Contoh Pengkodean terhadap jawaban dalam bentuk interval kelas:
Pengkodean terhadap jawaban dalam bentuk interval kelas
Pengkodean terhadap jawaban dalam bentuk interval kelas

b. Pengkodean terhadap jawaban dari pertanyaan tertutup.

Pertanyaan tertutup merupakan bentuk pertanyaan yang sudah memiliki beberapa alternatif jawaban sehingga responden hanya tinggal memilih salah satu jawaban yang tersedia, sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Contoh Pengkodean terhadap jawaban dari pertanyaan tertutup:
Pengkodean terhadap jawaban dari pertanyaan tertutup
Pengkodean terhadap jawaban dari pertanyaan tertutup
------   Baca Juga mengenai   ------

c. Pengkodean terhadap jawaban dari pertanyaan terbuka.

Pertanyaan terbuka merupakan pertanyaan yang diajukan. Tetapi, sebelum dilakukan Pengkodean terhadap jawaban-jawaban dari pertanyaan terbuka ini, perlu dibuat kategorisasi atas jawaban-jawaban tersebut karena variasi jawaban yang diperoleh cukup banyak. Untuk membuat kategori jawaban ada kodenya.

Contoh Pengkodean terhadap jawaban dari pertanyaan terbuka:
Bagaimanakah tanggapan anda sebagai anggota masyarakat tentang kegiatan Pos Yandu di lingkungan anda? Jawaban yang ditulis dari responden sangat beragam yaitu:
  • Sangat baik, karena memberi manfaat bagi kesehatan anak balita.
  • Cukup baik
  • Kurang baik
  • Tidak tahu
  • Penyelenggaraan Pos Yandu sekarang ada peningkatan.
  • Kegiatan Pos Yandu membosankan.
  • Saya tidak bisa memberi pendapat/tanggapan.
Sekian pembahasan Pengolahan Data, Menyusun Data, dan Pengkodean Data dalam Penelitian Sosial semoga memberikan manfaat.